26 November, 2010

TIDAK AHLI TAPI KOK SUKSES.. (TRIK AND TRIC)

Add caption
Bahwa untuk sukses dalam menjalankan bisnis, kita tidak perlu ahli dibidangnya, juga tidak harus sesuai dengan hobi. Yang terpenting adalah kita memiliki minat yang sangat kuat untuk memajukan bisnis tersebut.
Hati-hati kita jika sekarang tengah bergulat memajukan bisnis yang sesuai dengan hobi atau keahlian anda. Sebagian pengalaman bahwa mereka yang menjalankan bisnis atas dasar hobi dan keahlian yang mereka miliki cenderung sulit mendelegasikan pekerjaan yang sudah jadi keahliannya. Mereka yang sangat ahli biasanya menganggap orang lain tidak bias melakukan pekerjaan sebaik mereka. Keluhan mereka yang paling umum adalah “wah, sulit sekali mendapatkan orang yang bisa dan bekerja keras seperti saya”
Pertanyaan yang menggelitik adalah mengapa mereka berhasil dalam bisnis padahal tidak ahli di bidang itu? Inilah beberapa hal yang layak direnungkan.
Pertama, mereka yang tidak ahli dalam bidang tertentu, tetapi bisa sukses karena mereka focus memajukan bisnisnya. mereka percaya bahwa ada orang lain yang sangat ahli bisa menjadi bagian dari organisasi perusahaanya. Mereka memberikan kesempatan timnya untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Sesungguhnya bisnis apapun jika berkembang cukup baik pasti akan mendatangkan pesaing.
Kedua, mereka yang tidak ahli dalam pekerjaan tertentuselalu mengembangkan dirinya”bekerja” sebagai pemimpin. Yang selalu ia pelajari adalah bagaimana bisa memimpin satu orang, dua orang, hingga ribuan orang.
Ketiga, terkait dengan sikap kepemimpinannya, mereka sangat pandai mendelegasikan pekerjaan. Setiap kali mengerjakan sesuatu, yang mereka pikirkan adalah bagaimana supaya secepatnya bisa didelegasikan ke orang lain.
Keempat, mereka pintar bekerja sama dengan orang banyak. Ada orang yang bisa bekerja sama dengan orang- orang tertentu saja, tetapi mereka yang sukses berbisnis sangat cepat memutuskan untuk bekerja sama atau tidak bekerja sama dengan orang lain.
Kelima, mereka pandai mengembangkan system bisnis. Awal kelangsungan bisnisnya sangat tergantung pada dirinya, tetapi dalam perkembangan selanjutnya, sistemlah yang membuat bisnisnya berjalan. Mereka membangun system pemasaran, system keuangan, serta system pengembangan SDM yang baik.
Keenam, mereka pandai mengelola waktu. Orang-orang sukses terlihat seperti orang malas, tidak mau diatur, tetapi sekaligus sangat pintar memanfaatkan waktu hidupnya. Mereka sangat efektif dalam berbicara, menulis, dan berbagai kegiatan lainnya.
Ketujuh, mereka selalu mengembangkan relasi. Bahwa kunci sukses mereka dalam menjalankan bisnis adalah membangun relasi dengan banyak pihak. Mereka adalah orang yang tidak suka berlama-lama duduk di kantor. Kegiatan utama mereka adalah berhubungan dengan banyak orang yang potensial untuk bekerja sama.
Selamat mencoba.. sukses adalah bagaimana kita membuat sukses orang lain.. let’s try it…………..go..go..go.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar