01 Desember, 2010

Khutbah Wada Rasulullah


Ditirukan oleh Rabi Bin Umayyah Bin Khalaf
(agar terdengar oleh semua jamaah)
Hai manusia dengarkanlah apa yang akan ku katakan. Mungkin setelah tahun ini aku tidak akan bertemu lagi dengan kalian di tempat ini selama-lamanya.
Hai manusia, sesungguhnya darah dan harta kalian adalah suci, sebagaimana sucinya hari dan bulan sekarang ini dinegeri kalian ini
Hai manusia sesungguhnya aku telah menyampaikan risalah ini. Aku tinggalkan sesuatu yang apabila kalian berpegang teguk kepadanya kalian tidak akan tersesat, yaitu kitab Allah dan sunah Rasulnya.
Wahai manusia sembahlah tuhanmu, dirikanlah shalat, bayarlah zakat, berpuasalah pada bula ramadhan, pasti kalian akan selamat. Tunaikanlah ibadah haji dan taatilah pemimpin kalian, niscaya kalian akan masuk surga.
Wahai manusia janganlah kamu berlaku kasar terhadap wanita, janganlah kamu menuntut balas terhadap kekejaman zaman jahiliah, janganlah kamu mengambil keuntungan dari uang yang kamu pinjamkan dan janganlah kamu kembali menjadi kafir sepeninggalku nanti. Sesungguhnya seorang muslim dengan muslim lain bersaudara, oleh karena itu, haram seseorang mengambil harta saudaranya kecuali dengan jalan yang baik dan ikhlas. Kamu semua adalah keturunan nabi Adam dan nabi Adam diciptakan dari tanah. Sesungguhnya orang yang paling mulia disisi Allah SWT orang yang paling bertakwa diantara kamu
(setelah itu turun surat Al maidah :3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar